Robot Ini Mirip Manusia Sungguhan
Ahmad Luthfi – Okezone
detail berita

Rex Robot Bionic (Foto: Telegraph)

CALIFORNIA – Ilmuwan mengembangkan robot yang mirip dengan manusia sesungguhnya. Dinamakan Rex (Robotic Exoskeletons), robot ini dibuat menggunakan material organ serta anggota tubuh buatan.

Dilansir Telegraph, Selasa (29/1/2013), Rex disebut juga sebagai manusia Satu Juta Dollar, yang terinspirasi dari film manusia bionic di era tahun 70an. Nominal biaya pembuatan robot tersebut ternyata lebih sedikit ketimbang penamaan Satu Juta Dollar.

Ilmuwan menyematkan lengan bionic dan kaki hingga organ tubuh buatan pada Rex. Rex diciptakan untuk pertunjukan C4 bertajuk “How to Build a Bionic Man“.

Pertunjukan tersebut melibatkan ahli psikologi sosial Bertolt Meyer, yang kehilangan tangan kirinya sejak kecil. Lalu, ia bertemu ilmuwan untuk mengembangkan anggota tubuh buatan.

Ilmuwan di bidang robot yang berbasis di Inggris, Richard Walker dan Matthew Godden menciptakan Rex menggunakan organ dan anggota tubuh buatan senilai USD1 juta. “Saya pikir kita sekarang berada di titik, di mana kita dapat membangun sebuah tubuh besar dan indah dengan cara tersendiri,” tutur Meyer.

Meyer memiliki tangan bionic senilai 30 ribu poundsterling. Ia memiliki ketertarikan personal dalam ledakan inovasi, yang terjadi dalam enam tahun terakhir.

Komponen Rex meliputi lengan dengan kemampuan bergerak 26 derajat. Rex juga dilengkapi dengan kacamata yang mengirim gambar ke microchip di retina serta kemampuan baterai yang mendukung jantung.

Rex juga dilengkapi pergelangan kaki bionic, yang menggunakan motor dan sistem pegas untuk meniru aksi dari otot betis manusia serta tendon Achilles. Salah satu organ yang ilmuwan belum mampu membuat kemiripan ialah otak manusia.

Otak ini diketahui memiliki seratus miliar neuron. Ini adalah struktur paling rumit yang ada di alam semesta. “Teknologi ini memiliki kemampuan luar biasa untuk menyembuhkan, untuk memulihkan dan bahkan untuk memperluas kemampuan manusia,” pungkas Professor Hugh Herr. (fmh)