Test Program “Blink LED” Kit Unyil-Avruino Pada ARDUINO

Baiklah, kalo kit unyil-avruino sudah siap digunakan, kita akan mencoba untuk mengujinya terlebih dahulu dengan menggunakan software ARDUINO. Yang saya gunakan di sini adalah IDE ARDUINO versi 0022. Untuk versi terbaru silahkan lihat di situs resminya www.arduino.cc . Silahkan download dulu IDE Arduino pada link tersebut. :)

Biasanya kalo di dunia pemrograman komputer, kita akan mengenal istilah program “Hello World”. Program sederhana ini digunakan sebagai program uji saat kita pertama kali belajar pemrograman. Nah, kalo udah bisa membuat “Hello World”, berarti sudah bisa mulai membuat program selanjutnya.

 

Hampir serupa dengan program “Hello World”, di dunia pemrograman mikrokontroller kita akan mengenal istilah “Blink LED”. Program “Blink LED” ini adalah program uji sederhana untuk menyalakan dan mematikan sebuah lampu LED dalam jeda waktu tertentu. Kalau kita berhasil, ini menandakan bahwa perangkat keras (hardware) mikrokontroller kita telah berjalan dengan baik, dan siap untuk diprogram selanjutnya.

Oke, langsung saja kita akan menguji kit Unyil-Avruino dengan program “Blink LED”. Pada kesempatan ini kita akan mencoba menguji kit Unyil-Avruino menggunakan software ARDUINO. Tapi sebelum kit ini bisa digunakan pada software Arduino, ikuti beberapa langkah penyesuaian berikut ini..

1.  Download dan copy file Unyil-Avruino Board ke komputer anda. (klik kanan lalu ‘save as’)

2. Unzip file tersebut, sehingga didapatkan folder Unyil-Avruino Board

3. Copy folder tersebut pada folder Arduino anda, di bagian arduino-0022/hardware/, sehingga folder ‘Unyil-Avruino Board’ akan berada di dalam folder ‘hardware’.

4. Sekarang coba buka IDE Arduino, lalu pilih Tools > Board.

5. Jreeengg… board Unyil-Avruino akan tampil pada menu board pada IDE Arduino anda.

6. Pilih board yang sesuai dengan IC Atmega yang dipakai. (ATmega8/168/328)

 

Oke, next… kita siap menguji program ‘Blink LED’ pada kit Unyil-Avruino.

– Hubungkan kit dengan komputer menggunakan kabel USB

– Pada IDE Arduino, klik File > Examples > Basics > Blink

– Akan muncul jendela baru berisi program ‘Blink LED’, yaitu program untuk menyalakan dan mematikan lampu LED pada pin digital 13 yang ada di kit Unyil-Avruino. Perhatikan pada baris programnya, LED pada pin 13 akan dinyalakan selama 1000 mili detik (1 detik), dan akan dimatikan juga selama 1000 mili detik (1 detik)

– Untuk meng-upload program tersebut jangan lupa untuk mengaktifkan USBaspLoader (cara ini akan selalu dipakai sebelum meng-upload program), dengan cara menekan-tahan tombol Reset1, tekan-tahan tombol Reset2, baru kemudian lepas tombol Reset1 lalu lepas tombol Reset2.

– Kemudian klik menu UPLOAD dengan ikon tanda panah kanan pada IDE Arduino.

– Bila berhasil, LED 13 pada kit Unyil-Avruino akan berkedip-kedip sesuai program yang kita masukkan.

Akan ada pesan error, “avrdude: error: usbasp_transmit: usb_control_msg: sending control message failed, win error: A device attached to the system is not functioning“. Abaikan saja, karena programnya udah berhasil didownload kok. Pesan error itu muncul karena kit ini menggunakan USBasp virtual, makanya IDE Arduino-nya bingung. :D

– Coba ubah-ubah waktu delay-nya, misalnya 100 milidetik.. dan perhatikan hasilnya.

Selamat, bila anda sudah sukses mem-’blink LED’, kini saatnya anda mulai bereksperimen sesuai imajinasi anda… Contoh-contoh proyek bisa dilihat di situs resmi Arduino, www.arduino.cc … :) 🙂

Eiiits.. Tapi ingat, kit Unyil-Avruino ini menggunakan koneksi USBasp, tanpa koneksi serial. Jadi kalo dimasukkan program yang ada koneksi serial-nya, ya percuma aja. Kalo mau menggunakan koneksi serial harus ditambahin dulu perangkat konverter USB-to-serial.

Satu lagi, karena kit unyil-avruino ini tidak menggunakan eksternal downloader, sebagai konsekuensinya digunakan 2 pin input pada IC mikrokontrollernya, sebagai D+ dan D- jalur data koneksi USB dan mikrokontroller. D+ dan D- ini adalah pin D2 dan pin D7. Jadi sebaiknya kedua pin ini tidak digunakan sebagai input/output pada saat ingin mendownload program, karena akan mengganggu komunikasi data antara USB dan mikrokontrollernya. Boleh aja sih menggunakan kedua pin ini (pin D2 dan pin D7), tapi jangan lupa ketika ingin mendowload program, dilepas dulu dari input/output, dan setelah program berhasil didownload barulah dipasang input/outputnya.