Pasar Komputer Tak Kunjung Baik, LG “Nyerah”

SEOUL – Melihat pasar komputer konvensional tak kunjung membaik, LG dilaporkan bersiap untuk hengkang dari sektor bisnis tersebut. Perusahaan akan fokus memproduksi tablet, PC hybrid, dan smartphone.

Perusahaan asal Korea Selatan itu tengah mempertimbangkan beberapa opsi lain dalam menyikapi penurunan penjualan PC konvensional.

“Pasar dari komputer konvensional telah hilang seiring dengan tumbuhnya smartphone dan tablet yang menggantikan posisi PC,” ungkap seorang eksekutif LG yang enggan diungkap identitasnya melalui sebuah publikasi. Demikian dilansir Digitalspy, Minggu (5/1/2014).

Mengutip proyeksi International Data Corporation (IDC), penjualan komputer konvensional mengalami penurunan pada 10,1 persen. Perusahaan peneliti pasar itu juga menunjukkan bahwa pengapalan komputer LG mengalami penurunan yang cukup signifikan dalam tiga tahun terakhir, di bawah satu juta unit.

Sebab itu, perusahaan pun akan mencari opsi lain dalam meningkatkan keuntungan dalam bisnis komputasi. LG diharapkan akan mengumumkan rencana masa depannya pada gelaran Consumer Electronic Show (CES) di Las Vegas, Amerika Serikat (AS). (gst)