Samsung Gunakan Layar OLED untuk Berbagai Perangkat

SEOUL – Ketika teknologi layar TFT LCD banyak digunakan oleh vendor untuk produksi smartphone, Samsung tampaknya melakukan hal yang bertentangan. Kabarnya, perusahaan asal Korea Selatan tersebut meningkatkan produksi panel layar berteknologi Organic LED atau OLED untuk 2014.

Dilaporkan Digitimes, Rabu (1/1/2014), perusahaan Samsung di divisi Samsung Display meningkatkan produksi panel layar OLED sebanyak 33 persen di 2014. Peningkatan 33 persen ini akan menambah sekira 37 ribu produksi panel layar OLED pada kuartal akhir 2014. Di kuartal empat 2013 tercatat sebanyak 140 ribu panel layar OLED diproduksi oleh Samsung. Pasar layar OLED sendiri diprediksi bakal mengalami peningkatan nilai secara keseluruhan dari USD350 juta pada 2013 menjadi USD450 juta di 2014. Naik hingga USD100.

Sumber juga menyatakan bahwa Samsung merencanakan penamabahan pemanfaatan layar OLED tak hanya untuk televisi, tapi juga smartphone dan komputer tablet. Laporan itu semakin dikuatkan dengan rumor-rumor yang beredar sebelumnya bahwa Samsung bakal menghadirkan beberapa produk komputer tablet menggunakan layar OLED dengan diagonal layar di atas 10,5 inci. Tak hanya tablet, rumor yang santer beredar juga menyebutkan teknologi layar OLED juga disematkan pada smartphone Samsung Galaxy S5.

Sedangkan untuk TV OLED sendiri diprediksi tetap lemah permintaan pasarnya. Ini disebabkan oleh persaingan dari teknologi layar televisi Ultra HD LCD yang diperkirakan bakal banyak diminati dan jadi televisi pilihan favorit konsumen. (amr)